Setiap pengendara motor tahu bahwa, dengan penggunaan terus menerus dan kondisi basah, rantai sepeda pada akhirnya akan berkarat. Jika Anda menggunakan sepeda beberapa kali atau sering, rantai akan aus dan robek. Karat terakumulasi di rantai dan akhirnya mengganggu performa sepeda. Gabungan kotoran dan karat dapat mempercepat degradasi bagian lain yang bersentuhan dengannya.

Alat Untuk Digunakan

Kecuali jika Anda menggunakan bahan kelas industri, tidak ada cara mudah untuk membersihkan rantai sepeda. Kami akan menggunakan materi yang dapat dengan mudah ditemukan atau diperoleh.

1. Oli Atau Pelumas

Yang pertama adalah minyak. Jika Anda memiliki pelumas sepeda maka itu yang terbaik untuk digunakan. Pelumas sepeda bisa berbentuk cairan atau lilin. Jenis cairan bekerja lebih baik untuk pembersihan.

2. Kain Pembersih Atau Kain Lap

Kami akan menggunakan minyak. Ini akan menjadi berantakan jika Anda tidak memiliki kain atau lap untuk membersihkannya.

3. Tang

Untuk mereka dengan penguncian rantai dan karat yang sangat buruk. Alat apa pun yang dapat menjepit tautan akan berfungsi sebagai pengganti.

Apa yang Tidak Untuk Digunakan

1. WD-40

Meskipun Anda mungkin menemukan sumber daya online yang meminta Anda untuk menggunakannya, Jangan pernah menggunakan WD-40 pada rantai sepeda Anda. Rantai pada akhirnya akan terkunci dan juga merusak drive train.

2. Penghilang Karat

Kecuali ditentukan untuk digunakan pada sepeda Anda, jangan mencoba memasang penghilang karat pada bagian yang bergerak. Beberapa produk akan menghilangkan pelumas pada mata rantai. Ini pada akhirnya akan mengunci dan membekukan rantai.

3. Oli Motor

Ini lebih dari yang tidak disarankan daripada tidak pernah digunakan. Oli motor menarik kotoran. Sangat sulit untuk dibersihkan saat digunakan. Akan ada kemungkinan itu akan menggeser rantai persneling Anda.

Langkah

1. Posisikan sepeda Anda terbalik. Roda harus di atas tergantung di udara. Setang dan jok harus menyentuh tanah. Ini adalah posisi pembersihan yang paling mudah.

2. Oleskan pelumas atau oli pada rantai tersebut. Terapkan sedikit tetapi pastikan setiap mata rantai tertutup. Selama aplikasi, mulailah mengayuh sepeda untuk memindahkan rantai. Untuk rantai yang terkunci, aplikasikan di area yang terkena sebelum mulai mengayuh.

3. Beberapa area dalam rantai mungkin terkunci atau beku. Oleskan pelumas dan coba pindahkan tautan yang terkena dengan menggunakan tang atau alat serupa. Tekuk atau goyangkan sedikit tautan untuk memindahkannya. Pelumas akan meresap dan jika semuanya berjalan dengan baik maka pelumas akan bergerak.

4. Dengan kain atau lap, mulailah menyeka minyak. Lakukan ini dengan mengayuh sepeda dan menahan rantai di dalam kain lap. Pastikan Anda menyeka bagian atas ke bawah dan samping.

5. Oleskan pelumas lalu seka sekali lagi.

6. Jika semuanya sudah selesai, kendarai sepeda Anda dan uji coba. Periksa apakah masih ada masalah dengan rantai.

Jika rantai benar-benar aus, mungkin lebih baik membeli rantai baru daripada memperbaiki masalahnya. Perawatan sepeda harus selalu dilakukan untuk mencegah masalah pada performa sepeda Anda.

Tips Bersepeda – Cara Memperbaiki Rantai Sepeda yang Berkarat

Post navigation


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *