Dalam kemajuan teknologi, banyak brand otomotif yang saling mengejar kemajuan penggunaan teknologi pada produk mereka. Penggunaan mesin yang sesuai dengan spesifikasi yang diinginkan akan mendukung minat konsumen dalam menggunakan produk mereka. Mesin yang digunakan sendiri mendukung kenyamanan berkendara dan disesuaikan dengan kebutuhan konsumen mereka. Sebab itu, pada varian terbaru kendaraan kualitas mesin yang digunakan beragam dan disesuaikan dengan konsep penggunaan kendaraan.

Pada Fortuner misalnya, kendaraan ini menggunakan tipe mesin commonrail. Tipe mesin ini merupakan mesin yang mendukung efektivitas konsumsi bahan bakar pada kendaraan. Fortuner sendiri memang cenderung boros konsumsi bahan bakar sebab tenaga yang dihasilkan kendaraan yang optimal dan prima. Selain itu, tipe kendaraan ini sendiri memiliki badan yang besar sehingga konsumsi bahan bakarnya menjadi cukup banyak.

Dalam mendukung performa Fortuner untuk mengonsumsi bahan bakar efisien dan sesuai kebutuhannya, mesin commonrail dipasangkan didalamnya. Mesin ini merupakan tipe mesin yang menginjeksikan atau memasok bahan bakar dalam proses pembakaran secara efisien dan sesuai kebutuhan. Kinerja commonrail sendiri didukung oleh sejumlah komponen yang dipasangkan di dalamnya seperti EDC, fuel tank, filter bahan bakar, supply pump, high pressure pump, high pressure accumulator, katup pengaturan tekanan, dan injector.

Penggunaan commonrail sendiri penting dalam pembakaran kendaraan. Mesin ini bisa mengalirkan bahan bakar sesuai dengan kebutuhan pembakaran pada timing yang tepat. Dengan menggunakan sistem mesin ini, maka Fortuner bisa mengonsumsi bahan bakar dengan optimal dan lebih ekonomis. Nah, apa saja sih yang bisa dilakukan untuk merawat mesin coomonrail pada Fortuner? Berikut ini merupakan beberapa tips merawat mesin tipe commonrail pada Fortuner :

  1. Melakukan pergantian oli regularly

Mesin pada kendaraan merupakan salah satu bagian yang krusial. Pentingnya menjaga kualitas mesin bagi setiap kendaraan adalah wajib. Dengan mesin yang dapat bekerja dengan optimal maka kendaraan bisa digunakan dalam jangka waktu yang panjang. Sebab itu, melakukan perawatan dengan mengganti oli secara regular merupakan kegiatan penting.

Oli merupakan pelumas mesin dalam bekerja agar tidak mudah panas karena gesekan saat bekerja. Ketika oli tidak diganti secara berkala, maka akan menyebabkan berbagai kerusakan pada mesin. Terutama untuk mesin commonrail. Sebab, bila oli sudah tidak bisa digunakan maka akan menghambat kinerja mesin dan konsumsi bahan bakar menjadi boros. Hal ini menyebabkan komponen commonrail mudah rusak.

  1. Memastikan filter udara bersih

Fortuner merupakan SUV kelas menengah dengan harga Fortuner per unitnya mencapai 500 jutaan per unitnya. Tentu akan sayang sekali jika mobil dengan kualitas terbaik tidak dijaga kinerja dan kualitas mesinnya. Sebab itu, melakukan kegiatan perawatan kendaraan sendiri cukup penting. Terutama untuk menjaga harga Fortuner dijual kembali menjadi naik.

Salah satu indikasi mesin commonrail bekerja dengan baik adalah kondisi filter udara yang optimal. Filter udara sendiri memiliki tugas untuk menyaring impurities dalam udara agar tidak masuk ke dalam sistem pembakaran yang menghambat pembakaran mesin. Penting untuk membersihkan filter udara berkala pada mesin kendaraan untuk meminimalisir kerusakan mesin dan juga mesin cepat panas.

  1. Menggunakan bahan bakar sesuai kebutuhan mesin

Dalam menjaga kualitas mesin bekerja dengan baik, ada baiknya anda memperhatikan kebutuhan mesin. Bila mesin Fortuner menggunakan commonrail untuk diesel maka bahan bakar yang disarankan untuk digunakan adalah Pertamina DEx maupun Shell Diesel. Bahan bakar solar biasa yang digunakan dalam kinerja kendaraan akan berdampak pada kerusakan mesin kendaraan.

Mesin commonrail tidak bisa mengonsumsi bahan bakar dengan kualitas solar yang rendah. Ada baiknya mesin mengkonsumsi bahan bakar solar dengan kualitas tinggi untuk kesehatan mesin.

  1. Melakukan pembersihan fuel filter berkala

Mesin commonrail merupakan tipe mesin yang mengoptimalkan proses konsumsi bahan bakar. Dimana dalam hal ini penggunaan fuel filter yang bersih bisa mendukung kinerjanya. Konsumsi bahan bakar yang masuk ke dalam mesin kendaraan terkadang tidak bersih sempurna. Ada kotoran yang akan masuk. Sebab itu, ada baiknya untuk memastikannya tetap bersih dengan service berkala.

Perawatan mesin commonrail sendiri tidak sulit. Bila anda ingin membeli Fortuner dengan tipe mesin ini, anda bisa melakukan pembelian dengan sistem kredit Fortuner berjangka.

4 Tips Merawat Tipe Mesin Diesel Commonrail Pada Fortuner

Post navigation


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *